kupu-kupu

Thursday, December 25, 2014

“Credit Union di Koperasi”



Koperasi Credit union yang ada merupakan koperasi jasa keuangan yang bertujuan tidak mencari keuntungan kepemilikanya dimiliki anggota,menyelenggarakan tabungan,pinjaman dan pelayanan keuangan lainnya kepada para anggotanya.Credit Union (CU) mempunyai ikatan yang kebersamaan pertalian hubungan antar penabung dengan peminjamnya yang juga sama-sama menjadi anggota dari koperasi.

Dimana credit union timbul karena masyarakat di pedesaan banyak berimigrasi secara besar-besaran ke kota untuk mencari penghidupan yang menjadi lebih baik lagi karena mereka dating ke kota untuk sejahtera bukan malahan kebalikanya.

Banyak dari mereka yang meminjam uang dari koperasi tersebut untuk keperluan permodalan dikalangan mereka yang saaat ini di sebut credit union di koperasi.

Credit union juga dijalankan secara demokratis yaitu dengan beberapa cara yaitu,
·       Setiap anggotanya berpartisipasi
·       Setiap anggota mempunyai satu suara yang sama
·       Tiap anggota memilihg pengurus dan membuat suatu pola kebijakan secara bersama
·        Dan dipilih dari suatu badan pengurusan


Banyak anggota masyarakat sekarang yang memilih Credit Union sebagai pembantu kegiatan permodalan dikalang masyarakat karena di dalam credit union adanya tolong menolong antar anggotanya,dapat bertanggung jawab,demokrasi,sifatnya juga adil dan dapat mensejahterakan semua anggota koperasinya dan dengan adanya credit union di koperasi dapat menjadi lebih sejahtera anggota koperasinya dan dapat membantu permodalan dimasyarakat.

No comments:

Post a Comment