kupu-kupu

Wednesday, April 1, 2015

"Nasional Nusantara"



“Wawasan Nasional Nusantara”

Bab IV




Di bab ini Membahas tentang :

1.      Wawasan nasional
2.      Landasan Wawasan Nasional
3.      Teori geopolitik
4.      Paham kekuasaan dan geopolitik di bangsa Indonesia.



Wawasan Nasional yang berasal dari bahasa jawa yaitu  wawas(mawas) yang artinya melihat atau  memandang,  dan wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat.

Wawasan Nasional Nusantara merupakan kehidupan dalam  berbangsa dan bernegara yang mempunyai keanekaragaman yang berdasarkan pada pendapat dan juga berupa kepercayaan.

 Wawasan nusantara juga sebagai suatu  keakraban agar suatu bangsa dengan masyarakatnya dapat bersatu satu sama lain saling berkerjasama demi kesatuan Suatu bangsa dalam menyelengarakan kehidupannya,yang tidak terlepas dari pengaruh lingkungan, yang didasarkan pada dasar hubungan timbal balik maupun  yang berkaitan dengan filosofi suatu bangsa, maupun ideology dan cita-cita yang berada pada kondisi di dalam kehidupan masyarakat,maupun budaya dan tradisi yang ada sejak lahir.

1.      Wawasan Nasional

Wawasan Nasional yaitu adalah  pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam  kondisi yang serba terhubung (interaksi & interelasi) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya baik nasional, regional, maupun global.



2.      Landasan Wawasan Nasional

 Paham-paham kekuasaan

a.       Machiavelli (abad XVII)

Dengan judul bukunya The Prince dikatakan sebuah  Negara itu akan bertahan apabila menerapkan:
1.      Dalam merebut dan mempertahankan kekuasaan segala cara dihalalkan
2.      Untuk menjaga kekuasaan rezim, politik adu domba(devide et empera).
3.      Dalam dunia politik,yang kuat pasti dapat bertahan dan menang.

b.      Napoleon Bonaparte (abad XVIII)

Perang dimasa depan merupakan perang total, yaitu perang yang mengerahkan segala daya upaya dan kekuatan nasional.Napoleon  berpendapat bahwa  kekuatan politik harus didampingi dengan kekuatan logistik dan ekonomi, yang didukung oleh sosial budaya berupa ilmu pengetahuan dan teknologi suatu bangsa.

3.      Teori Geopolitik

Geopolitik adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala politik dari aspek geografi.

Teori ini dikemukakan oleh Federich Ratzel:

1.      Pertumbuhan negara dapat dianalogika (disamakan/mirip)dengan pertumbuhan organisme (mahluk hidup) yang memerlukan ruang hidup, melalui proses lahir, tumbuh,berkembang, mempertahankan hidup tetapi dapat juga menyusut dan mati.
2.       Negara identik dengan suatu ruang yang ditempati oleh kelompok politik dalam arti kekuatan. Makin luas potensi ruang makin memungkinkan kelompok politik itu tumbuh (teori ruang).
3.      Suatu bangsa dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak terlepas dari hukum alam. Hanya bangsa yang unggul yang dapat bertahan hidup terus dan langgeng.
4.      Semakin tinggi budaya bangsa semakin besar kebutuhan atau dukungan sumber daya alam. Apabila tidak terpenuhi maka bangsa tsb akan mencari pemenuhan kebutuhan kekayaan alam diluar wilayahnya (ekspansi).


4.      Paham kekuasaan dan geopolitik di bangsa Indonesia

Pemahaman tentang Wawasan nasional dan geopoliti Indonesiadikembangkanberdasarkan pada wawasan nasional secara universal sehingga dibentuk dan dijiwai
oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dipakai negara
Indonesia.

a.       Paham kekuasaan Indonesia
Bangsa Indonesia yang berfalsafah dan berideologi Pancasila menganut paham tentang perang dan damai berdasarkan  “Bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebihcinta kemerdekaan”.
 Dengan demikian wawasan nasional bangsa Indonesia tidak mengembangkan ajaran kekuasaan dan kekuatan karena hal tersebut mengandung persengketaan dan
ekspansionisme.

b.      Geopolitik Indonesia

Indonesia menganut paham negara kepulauan berdasar ARCHIPELAGO CONCEPT yaitu laut sebagai penghubung daratan sehingga wilayah negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai Tanah Air dan ini disebut negara kepulauan.

c.       Dasar pemikiran wawasan nasional Indonesia

Bangsa Indonesia dalam menentukan wawasan nasional mengembangkan dari kondisi nyata. Indonesia dibentuk dan dijiwai oleh pemahaman kekuasan dari bangsa Indonesia yang terdiri dari latar belakang sosial budaya dan kesejarahan Indonesia.


Referensi :

1.Seri diktat kuliah pend,Kewarganegaraan Univ.Gunadarma,edisi 2007
2. https://ratihpratiwi13.wordpress.com/2013/03/30/wawasan-nusantara-wawasan-nasional-suatu-bangsa-teori-kekuasaan-dan-teori-geopolitik/.

No comments:

Post a Comment